Thursday, December 22, 2011

Membaca Tanda Jaman

Tahun ini populasi penduduk dunia menjadi 7 miliar orang. Dengan jumlah ini tanpa disertai pendidikan mengenai KB (keluarga berencana), maka dalam waktu dekat jumlahnya akan mencapai 8 miliar orang.

Dengan jumlah penduduk bumi yang sedemikian besar ditambah luas bumi yang tidak bisa ditambah, disertai berbagai masalah perubahan iklim, maka masalah rawan pangan harus sudah diwaspadai dan disiasati secara cermat.

Pemerintah bisa saja mengendalikan angka inflasi pada satu digit, dengan cara mengatur barang apa saja dimasukkan ke dalam basketnya, tetapi rakyat yang income-nya terbatas, hanya bisa mengeluh ketika harga beras, cabai, bahkan tomat yang selama ini paling murah, harus melonjak naik.

Belum lagi menghadapi masalah kesehatan dimana biaya perawatan relatif mahal. Bahan makanan yang dijual di pasar tidak lagi terjamin aman untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan tidak dimilikinya etika bisnis oleh sebagian besar pelaku bisnis.

Tidak ada jalan lain kecuali mencoba menghemat pengeluaran belanja dengan menghasilkan sendiri sebagian besar sayur mayur di pekarangan rumah sendiri.

Blog ini menawarkan sebuah solusi bagi yang tidak memiliki lahan cukup untuk menanam sayur mayur sendiri, dan dengan pemakaian pupuk organik akan diperoleh bahan makanan yang sehat.

0 comments:

Post a Comment