Friday, December 23, 2011

Hemat pangkal kaya

Pada jaman dimana konsumerisme sangat menonjol seperti saat ini, maka banyak orang yang hidupnya sesuai ungkapan "Lebih besar Pasak daripada Tiang." Mereka tidak akan pernah bisa kaya. Bahkan ungkapan "Live within your means" atau "Pasak sama besar dengan Tiang" saja pun hanya membuat mereka hidup pas-pasan saja. Anda harus hidup dengan membatasi pengeluaran untuk belanja jauh di bawah penghasilanmu. Anda perlu menyisihkan tabungan yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi, dan bukan hanya untuk berjaga-jaga menghadapi "musim hujan."
Sebenarnya tidak ada alasan bahwa penghasilan kita kecil dan tidak memungkinkan kita berhemat. Memang kita bisa memperbesar penghasilan kita dengan mencari pekerjaan kedua, untuk memperbaiki kehidupan kita secara finansial dengan cara keluar dari "rat race" dan mencapai kebebasan finansial.

Seringkali kita memiliki kebiasaan tak terkendali dari membeli barang-barang tidak benar-benar kita perlukan, terutama ketika barang-barang itu diberi label "On Sale" dengan "deep discount." Kita ditipu oleh pikiran kita sendiri dengan berpikir bahwa bahwa kita telah menghemat ketika membeli barang-barang "on sale" tersebut. Padahal kita telah memboroskan uang kita. Bahan makanan yang didiskon adalah sesuatu yang akan kadaluarsa. Pakaian yang dijual dengan diskon, modenya akan menjadi usang. Bahkan beberapa barang-barang tersebut akan rusak karena terlalu lama disimpan.
 
Satu-satunya cara adalah benar-benar menghemat biaya pengeluaran dengan membeli barang-barang yang diperlukan saja. Selain itu sepanjang memungkinkan kita memproduksi sendiri bahan atau barang yang akan kita konsumsi. Blog ini menawarkan konsep kebun vertikal dimana kita bisa menanam semua sayuran yang kita butuhkan sebagai makanan kita. Bahkan sayur-sayuran yang sehat karena kita tanam dengan menggunakan pupuk organik.

Pelajari cara membangun kebun vertikal dengan membaca tulisan pada page-page yang ada di sebelah kanan blog ini.

0 comments:

Post a Comment